Enerpad 5200mAh Li-Polymer (Powerbank)

“Wah, udah dulu yah.. henpon gw lowbatt
Sering denger orang ngomong gitu di tempat umum? Mungkin 7 dari 10 kesempatan lo denger orang ngomong sesuatu tentang henpon-nya adalah lowbatt.

Well, itu bisa-bisanya gue aja sih. Tapi, kehabisan baterai di lokasi nan jauh dari colokan emang nyebelin.

Powerbank/Portabel Battery/JuicePack ato apapun namanya, ini mempunyai satu fungsi utama, penyambung nyawa 2.0 menyimpan daya listrik untuk dipakai di waktu kemudian. Besaran kapasitas yang sering gue liat, bermacam-macam, mulai dari 2000mAH sampe 18000mAh. Merknya juga macem-macem, mulai dari yang familiar seperti SONY, Energizer, SANYO, sampe tak bermerk (cuman dipasang label kapasitas aja). Kualitasnya juga macem-macem, dari yang garansi 3 tahun sampe yang diganjel pasir biar berat. Lebih jelasnya bakal ditulis di artikel terpisah.

Paket Penjualan

Merk Enerpad sendiri udah lumayan terkenal sebagai Powerbank berkualitas lumayan dengan harga terjangkau. Powerbank ini diproduksi oleh Samya Technology, Taiwan. Katanya, perusahaan ini udah sekitar 10 tahun berkutat di bidang Powerbank (sumber). Di forum-forum online, seperti kaskus, udah banyak penjual-penjual yang nawarin produk ini. Harganya juga relatif sama, untuk produk ini saya beli dengan harga IDR 360,000 (belum ongkos kirim), dengan kelengkapan 1 Unit Powerbank, 1 Unit Charger, 1 Panduan Singkat, 1 Lembar Kartu Garansi, dan 1 Kabel USB.

IMG_20131204_073910
Isi paket pembelian powerbank Enerpad 5200mAh Li-Polymer

Penggunaan Pertama

Waktu dibeli, powerbank ini udah pre-loaded dengan listrik, cuman di buku panduannya disuruh charge dulu selama 8 jam. Dan emang perlu sekitar 8 jam supaya baterai powerbanknya penuh. Indikator kapasitas tersedia si powerbank ini ditampilkan menggunakan LED berwarna biru dan terdiri dari empat tahap. (Full-3/4-1/2-1/4-0).

IMG_20131204_075831
Charging

Charger yang dikasih sama pabrikan merknya Samya, dengan kapasitas output 1A 5v DC. Outputnya nggak terlalu gede, wajar kalo chargingnya lama.

Yang menurut gue kurang di paket penjualan Enerpad ini adalah pouch, ato kantong, ato wadah buat nyimpen powerbank-nya. Enerpad ini dimensinya lumayan gede, 11-12 sama WD My Passport 500GB. Kalo ada pouch, pasti enak banget buat bawa-bawa sambil nyimpen kabel USB nya, mengurangi clutter ato pabalatak kalo bahasa urdunya.

Fitur

Ada beberapa fitur yang dibanggain sama powerbank Enerpad ini, diantaranya:

  • Soket USB Ganda: powerbank Enerpad ini punya dua slot USB untuk charging bersamaan dua unit henpon. Jadi kalo yang misalkan sehari-hari bawa smartphone dan tablet, nggak perlu bingung ketika dua-duanya lowbatt bareng. Enerpad to the rescue!
  • Rapid Charge: Maksimum output 2.1A@5v buat yang nggak punya banyak waktu. Charging jadi lebih cepet. Tapi ya di satu soket aja. (lihat gambar)
IMG_20131204_074508
soket USB ganda, untuk charging cepat pake yang 2.1A (atas), untuk yang standar-standar aja pake yang 1A (kanan)
  • Proteksi: powerbank ini punya macem-macem perlindungan, mulai dari overcharging (nggak perlu khawatir charge powerbank ditinggal tidur, kalo penuh arus bisa putus sendiri. memperpanjang umur powerbank), short circuit (gak perlu khawatir koslet, trus powerbank rusak), over discharge (aman untuk pengosongan sampe sekosong-kosongnya, umur pakai powerbank nggak bakal berkurang). Sepanjang pemakaian pribadi, si enerpad ini udah saya coba pake sampe kosong banget (tombol cek baterai tidak menampilkan status apa-apa), ketika di-charge powerbank langsung menunjukkan indikator lagi, tidak perlu waktu lama apalagi sampe deg-degan powerbanknya rusak.
  • Garansi 1-to-1 replacement selama 1 tahun: ini yang keren, selama nggak rusak karena air atau jatuh, kegencet, pokoknya rusak fisik, garansi bisa di klaim dan dapet ganti unit baru.

Performa

“Enerpad? Merk cina tuh yah? bagus emang?”
Semua barang elektronik hari gini diproduksi di Cina, kak.

Untuk menguji performa powerbank Enerpad ini saya melakukan uji charging terhadap henpon saya, SONY Xperia Go. Kapastias tertulis Xperia Go adalah 1300mAh, tapi sebenernya baterainya cuman 1265mAh (liat sini deh). Secara kasar, harusnya 5200mAh bisa charge baterai Xperia Go sampe 4 kali (5200/1265 = 4,11). Masalahnya, perhitungannya nggak begitu.

Ada perbedaan voltase output baterai powerbank dengan input baterai henpon. Input baterai dan chargeran henpon itu 5v, sementara output baterai powerbank itu cuman 3.7v. jadi ada konversi kapasitas powerbank dari 5200@3.7v ke 3848mAh@5v. Belom lagi si powerbank juga perlu daya buat beroperasi, dan juga pasti ada listrik yang kebuang jadi panas.

Dari penggunaan, Enerpad ini bisa dipake untuk charging Xperia Go sebanyak 2 kali full dan satu kali di 70%, kalo dikonversi kira-kira output powernya sebanyak 3415.5mAh@5v. Ada kehilangan sekitar 432.5mAh yang berubah jadi panas, dipake buat nyalain LED indikator, dll. Satu poin plus dari gue adalah, si LED indikator dari Enerpad ini nggak nyala terus-terusan, tapi disediain tombol “Check” buat ngeliat kapasitas tersimpan. Pengiritan daya.

Jadi kalo diitung, efisiensi si enerpad ini kira-kira (3415.5/3848)*100% ~ 88%. Untuk ukuran segini, udah bagus banget. PSU komputer aja kalo bisa dapet segini udah dapet badge 80+. Oia, di bungkusnya dibilangin, kalo masa penggunaan si powerbank (Charge cycle) nya cuman 500 kali aja. Anggep si powerbank di charge sekali sehari aja bisa tahan sekitar 1 tahun 4 bulan.

Kesimpulan

Paket Penjualan: ***
Fitur : ****
Performa: *****
Harga: *****

Secara keseluruhan, rasio harga/performa yang ditawarin sama Enerpad ini oke banget. Dengan harga kurang dari IDR 400k bisa dapet Powerbank kapasitas sedang, dual soket, keluaran 2,1A@5v maksimum. Untuk spesifikasi serupa, merk-merk terkenal lain rata-rata pasang harga di kisaran IDR 400-600k.

You may also like

9 Comments

  1. btw, kalau lagi nemprok di suatu bandara internasyenel ..kalau ada 1 grup kumpulan lagi deket sama colokan, bisa dipastikan itu wisatawan Indonesia… lols ….haha dan bener aja nemunya di paris cdg..

  2. Baru beli yang 8400 mAh, dapet 365k.
    mau tanya masalah :
    “di buku panduannya disuruh charge dulu selama 8 jam. Dan emang perlu sekitar 8 jam supaya baterai powerbanknya penuh.”

    ane baca2 di buku panduan (kertas kecil, kartu garansi) kok gak nemu pernyataan itu, jadi mesti di charge berpa jam dulu ya kira2 ?, terima kasih

    1. ane punya jg yg 8400mAh, itu kalo dari kosong sampe full bisa sampe 12 jam lebih dan itu jg saya pake charger punya htc yg lebih besar output nya, mungkin kalo pake charger bawaan dari ENERPAD bisa lebih lama lagi.
      emang kalo menurut saya PB ENERPAD ini kekuranganya ada pada saat charger yg lambreta bgt.

      1. iya, soalnya chargernya itu cuman 1A kalo ndak salah. Kalo pake charger yang gedean dikit arusnya, takut khawatir overcurrent, trus nggak ngecharge (karna diputus ama proteksinya) 😐

  3. ane baru beli enerpad MG9000mAh..sebaiknya di charge pake charger bawaan enerpad ato charger dr hp ane (nexus5)?kira2 makan brapa lama ya charge nya apa kalo ditinggalin aman2 aja?

    1. Halo, sori responnya lama. Coba dilihat arusnya lebih besar mana, charger Nexus 5 ato charger bawaan Enerpad-nya. Soalnya 9000 mAh kalo arusnya hanya 1A bakalan jadi lama banget. Sukur-sukur kalo misal charger Nexus 5 nya sekitar 1,5A. Harusnya aman, kok. Soalnya produk Enerpad rata-rata punya perlindungan over-current

Leave a Reply