Rumah Baru, Domain Baru

Udah sejak lama punya cita-cita buat bikin website dengan domain yang milih sendiri, trus hosting yang bisa di custom sendiri. Dulu waktu jaman-jaman masih mahasiswa, hosting dan domain kerasanya masih lumayan mahal. Akhirnya ya berlabuh di wordpress.com sebagai penyedia jasa gratisan.

Beberapa hari lalu, startup dari @mozta_ (boleh dibilang startup nggak nih, kak?) bernama WPKami diluncurkan untuk publik. Kayaknya jasa WPKami ini udah lumayan lama ada sebelum WPKami diluncurkan secara resmi, bisa dilihat dari klien mereka yang udah lama ada di internet.

WPKami_Clients
Klien-klien WPKami

Waktu baru launch, paket di WPKami cuman ada tiga macam, Personal, Extended, dan Business. Saya dengan cita-cita pengin punya self-hosted blog dengan domain sendiri tapi traffic nggak gede-gede amat agak ogah untuk langganan paket Personal-nya WPKami. Still too pricey.

Kemarin, si admin twitter @WPKami nan rusuh posting kalo ada beberapa pilihan paket baru, salah satunya paket Starter. Ini game changer, dengan harga segitu untuk setahun buat blogger abal-abal kayak gue itu termasuk affordable lah. Selain buat memuaskan ego pengen punya site sendiri.

Paket di WPKami (fitur-fiturnya lihat di WPKami.com aja, lebih lengkap)
Paket di WPKami (fitur-fiturnya lihat di WPKami.com aja, lebih lengkap)

Service

Trus dengan harga setara Starter, gue dapet apa?

Selain yang ditulis di situsnya WPKami? Lo di follow sama @WPKami, udah. *dirudal*

Registrasi di WPKami gampang banget. Pergi ke websitenya, trus buat order ditanya mau domain apa, kalo ada bisa lanjut, kalo domain yang lo pengen udah dipake sama orang, ya nasib (cari yang laen, dong!). Udah gitu, lengkapin form registrasi di websitenya mereka, transfer, konfirmasi via web mereka (lagi), nggak lama dapet email. Oh, kalo sebelumnya punya blog yang di host di mana gitu, si tim WPKami juga bisa dimintain tolong buat migrasi semua-muanya (stat nggak termasuk tapi). Cukup 20 menit-an aja kok, blog gw di wordpress.com dipindahin ke mari sama mereka. Cepet, kan?

Sejauh ini blom ada (semoga nggak ada) yang aneh-aneh dan nyusahin sih. Respon admin twitter @WPKami juga cepet. mungkin karena diancem potong gaji sama foundernya.

Sayangnya, WPKami belom nyediain jasa desain, jadi pilihannya pilih tema yang disediain sama developer di WordPress.org (dan otak atik sendiri lagi, kalo pengen lebih unyuk). Overall, buat yang pengen mulai blogging tapi juga pengen agak bonafit dengan domain sendiri, layanan WPKami ini worth the money. Oh, dan  bebas ribet.

You may also like

Leave a Reply